Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pedagogi Tradisional Dan Modern

1. Makna Tradisional
Secara tradisional pedagogi adalah cara seorang guru mengajar dan seni mengajar (The art of teaching). Penggunaan istilah pedagogi memiliki beberapa isu dan komplikasi yang merupakan seperangkap konsepyang menjelaskan proses. Pertama : pedagogi merupakan sebuah proses yang bertujuan. Kedua : banyak pekerjaan “pedagogis sosial” yang telah digunakan untuk menggambarkan prinsip-prinsip mengajar anak-anak dan kaum muda. Ketiga : sejaumana pengertian peagogi telah dipahami dan dominana mewarnai proses pembelajaran dalam konteks sekolah.
Guru yang efektif senantiasa menggunakan alternatif strategi pembelajaran. Strategi yang berbeda digunakan dengan kombinasi yang berbeda untuk kelompok siswa yang berbeda, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar.
2. Normatif dan Pragmatis
Pendekatan normatif sering dipandang kurang implementatif sedangkan pendekatan pragmatis yang seringkali dipersepsikan terlalu realistis. Hal ini dikarenakan :
a. Defenisi dan pemahaman pedagogi, khususnya  dari perspektif komparatif. Hingga saat ini pemahaman pedagogi sebagai kerangka berpikir dan bertindak mencakup semua ilmu tentang pengajaran dan pembalajaran.
b. Munculnya pedagogi sebagi ilmu interdisipliner.
c. Pedagogi dan kaitannya dengn aspek – aspek ekonomi mengajar dan belajar.
d. Faktor – faktor pendukung dan membatasi pengembangan pedagogi.
3. Pedagogi Modern
Pandangan tradisional memposisiskan pedagogi sebatas seni mengajar atau asuh. Namun secara modern pedagogi memiliki beberapa defenisi antara lain :
  • Pengajaran (teaching) yaitu teknik dan metode kerja guru dalam mentranformasikan kontes pengetahuan, merangsang, mengawasi, dan memfasilitasi pengembangan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berhasil.
  • Belajar (learning) yaitu proses siswa mengembangkan kemandirian dan inisiatif dalam memperoleh dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan.
  • Hubungan siswa dibimbing oleh guru atau kegiatan belajar berpusat pada siswa, namun tetap dibawah bimbingan guru.
  • Hubungan mengajar dan belajar berkaitan dengan semua pengaturan dan pada segala tahapan usia.
Pedagogi yang efektif menggabungkan alternatif strategi pembelajaran yang mendukung keterlibatan intelektual, memilki keterhubungan dengan dunia yang lebih luas, lingkungan kelas yang kondusif, dan pengakuan atas perbedaan penerapannya pada semua pelajaran.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar